Tarif Spot Kontainer Melonjak Tajam di Jalur Transpasifik dan Asia-Eropa

ShippingCargo.co.id, Jakarta—Tarif pengangkutan kontainer di jalur Transpasifik dan Asia–Eropa mengalami lonjakan tajam pekan ini. Kenaikan ini menyusul diberlakukannya kenaikan tarif umum (general rate increases/GRI) per 1 Juni yang tetap bertahan hingga akhir pekan pertama Juni.
Seluruh indeks utama mencatatkan kenaikan dua digit yang signifikan, kecuali Shanghai Containerised Freight Index (SCFI). Hal ini menguatkan tren bahwa pergerakan SCFI biasanya mencerminkan kondisi pasar yang akan tercermin pada pekan berikutnya dalam World Container Index (WCI) milik Drewry.
Pekan ini, tarif spot Shanghai–Los Angeles dalam WCI melonjak 57% menjadi 5.876 dolar AS per kontainer 40 kaki, mencerminkan kenaikan serupa sebesar 58% pada SCFI pekan sebelumnya. Sementara itu, jalur Shanghai–New York mencatat kenaikan 39% menjadi 7.164 dolar AS, sejalan dengan kenaikan 46% dalam SCFI untuk jalur pantai timur AS.
Menurut DSV dalam siniar (podcast) Global Trade This Week, kapasitas pengapalan saat ini sangat terbatas. “Sulit sekali mendapatkan ruang kapal,” ujar Pete Mento, Direktur Layanan dan Pabean DSV. Mento, seperti dilansir oleh gCaptain, memaparkan apabila banyak importir AS disebut memilih mengirim barang saat jeda tarif masih berlaku, sebab “biaya kontainer masih lebih murah daripada membayar tarif.”
Importir pun harus menghadapi kenaikan GRI antara 1.000 hingga 3.000 dolar AS per kontainer 40 kaki mulai 1 Juni. GRI serupa juga direncanakan untuk diberlakukan pada 15 Juni dan 1 Juli, meski keberhasilannya masih belum pasti. Hari ini, SCFI mencatat kenaikan 8% untuk jalur pantai barat dan 11% untuk pantai timur AS, menunjukkan potensi pelandaian tarif spot.
Namun, jeda tarif untuk sebagian besar negara akan berakhir pada minggu kedua Juli. Jika pemerintah AS memberlakukan kembali tarif 2 April, permintaan dapat turun tajam.
Drewry mencatat, “Keseimbangan pasokan dan permintaan diperkirakan akan melemah pada paruh kedua tahun ini, sehingga tarif spot kemungkinan kembali turun. Volatilitas tarif akan sangat bergantung pada hasil gugatan hukum atas tarif Trump dan perubahan kapasitas menyusul penalti terhadap kapal Tiongkok.”
Di jalur Asia–Eropa, tarif spot juga mencatatkan kenaikan mingguan tertinggi dalam beberapa bulan. WCI untuk Shanghai–Rotterdam naik 32 persen menjadi 2.845 dolar AS, dan Shanghai–Genoa naik 38% menjadi 4.068 dolar AS per kontainer 40 kaki (FEU).
Meskipun sebelumnya sejumlah forwarder skeptis terhadap kenaikan ini karena tidak adanya kekurangan ruang dan peralatan, minggu ini tarif dan kondisi pasar tampaknya selaras. “Kenaikan 30% memang sesuai kondisi pasar,” ujar seorang forwarder, mencerminkan keberhasilan penerapan tarif FAK (freight all kinds) mulai 1 Juni.
MSC telah menetapkan tarif FAK baru sebesar 3.900 dolar AS untuk Eropa Utara dan 5.200 dolar AS untuk Mediterania, berlaku mulai 15 Juni. CMA CGM juga mengumumkan surcharge musim puncak (PSS) sebesar 250 dolar AS per kontainer mulai 16 Januari.

ShippingCargo.co.id adalah media online yang berfokus pada informasi tentang shipping, pelabuhan, logistik, dan industri-industri yang terkait.